BERIKLAN ITU SOAL MENTAL & DATA

#TipsMarketing

Pernahkah terbayang di pikiran Anda, mengapa perusahaan rokok dengan mudahnya ‘membakar’ uang untuk iklan?

Bukan jutaan, puluhan atau bahkan ratusan juta, tapi nilainya mencapai lebih dari 20 miliar per tahun! #jangkrik !

Disadur dari laman Nielsen.com, Indomie menghabiskan 94 miliar, Sedaap 79 miliar dan perusahaan Kopi seharga Rp 1.000,- per sachet telah menghabiskan 66 miliar untuk budget iklan.

Itu pun masih ada miliaran rupiah yang siap dibakar hingga akhir tahun ini.

Pertanyaannya, mengapa perusahaan tersebut rela menggelontorkan miliaran uang untuk iklan produk yang dijual kurang dari 5 ribu di pasaran?

Sejujurnya, saya tidak butuh jawaban itu. Saya hanya akan mengajak Anda untuk menelaah mental perusahaan dalam beriklan.

Kita, sebagai Internet Marketer – khususnya online shop, terkadang tidak memiliki mental beriklan.

Ada banyak platform penyedia iklan yang bisa kita gunakan, seperti Facebook Ads, AdWord, Gold Merchant Tokopedia, atau lainnya.

Namun terkadang kita masih ragu untuk menggunakan platform tersebut untuk meningkatkan penjualan. Singkatnya, kita takut kehilangan uang untuk iklan.

Kita tidak mau kehilangan uang untuk hal yang tidak pasti. Budget iklan yang Anda bakar belum tentu menghasilkan konversi.
Kita selalu berharap bisa promosi gratis dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Tapi premise dari jualan bukan seperti itu.
Saya menganggap bahwa pemain Online Shop itu adalah ‘pengusaha’ yang paling beruntung.

Bayangkan, kita tidak perlu biaya untuk sewa ruko. Kita tidak perlu biaya perijinan membuka usaha. Bahkan, kita tidak perlu modal untuk stok barang.

Semua modal tersebut bisa kita alihkan untuk biaya iklan.

Tujuan dari iklan adalah memperkenalkan barang.
Tujuan dari iklan adalah mengetuk alam bawah sadar pemirsa, bahwa Anda memiliki barang yang suatu saat mereka butuhkan.

Perusahaan tersebut rela membakar miliaran uang hanya untuk promosi bukan tanpa perhitungan. Mereka yakin bahwa biaya iklan tidak menguap begitu saja.

INGAT !
*Biaya iklan adalah investasi.*

Untuk pemain online shop, biaya iklan adalah investasi terbaik agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama saat menjual produk selanjutnya.

Dari insight dan data yang kita dapat, kita bisa menganalisis barang yang kita jual, peminat, demografi dan banyak hal lain yang bisa diulik.

Untuk pemain Facebook Ads, mungkin Anda gagal di ad-set pertama, kedua atau bahkan ke 10 kalinya.

Tapi percayalah, ‘investasi’ yang sudah Anda tanamkan, kelak akan membawa Anda pada kesuksesan.

Saya pribadi juga sudah menghabiskan banyak uang untuk iklan, dari setiap percobaan, kegagalan, dan pembelajaran, ternyata sampe sekarag tetap untung.

So.. gunakan waktumu dengan baik, jangan terlalu nyaman di zona yang membuatmu tak bertumbuh

Salam Sukses🤗

✍�Melisa Firda Lim (Digital Marketer)