VALUE DARI ORANG SUKSES

Hasil gambar untuk value orang sukses

Jika kita kumpulkan 100 bahkan 1000 orang sukses, maka mereka memiliki value yang sama. Apakah value tersebut?.
(siapkan diri Anda untuk bisa menjalani value ini,'jika tercapai ke enam value ini berarti Anda sudah berada di koridor atau gerbang menuju kesuksesan)'

1. Visioner, 
Mampu melihat jauh kedepan, apa yang belum mampu dilihat oleh orang lain. Hal ini menyebabkan dia mampu menemukan sebuah bisnis masa depan yang saat ini belum terfikirkam oleh orang biasa. Menjadi pribadi yang Visioner dengan mampu berpijak pada Visi yang telah ditetapkan. Visioner bisa dibuktikan dengan kemampuan memikirkan akan jadi apa kita 10'tahun yang akan datang atau akan jadi apa perusahaan kita yang sedang kita bangun ini dalam waktu 10 tahun yang akan datang.

2. Persepsi.
Orang sukses, memiliki persepsi yang baik. Dia melihat segala hal dari aspek positif, tidak memulainya dengan hal yang negatif. Karena persepsi itu bukan Fakta. Persepsi adalah opini. Berjalanlah diatas fakta bukan diatas opini orang. Persepsi bahwa kalau jadi pengusaha bisa bangun siang....tidak seperti karyawan, jadi enak deh jadi pengusaha. Ini adalah persepsi. Galilah fakta dari pengusaha sukses, mereka bangun dan bekerja lebih pagi dari para karyawan. Bahkan ketika karyawan asyik di hari liburan, maka pengusaha pusing dan tetap bekerja untuk mencapai target omzetnya atau untuk menutupi beban gaji karyawan nya. 

Dalam ilmu NLP ada satu keyakinan atau 1 presuposisi yang sangat terkenal yaitu Peta bukanlah Wilayah yang sesungguhnya. Misalnya kota DKI jakarta luasnya 10 km, maka ini adalah fakta. Sedangkan di peta, kita bisa melihatnya hanya misalnya 10 cm, nah ini adalah Peta. Maka persepsi kita tentang sesuatu ketika kita belum menjalaninya ibaratnya seperti peta, kita belum masik ke wilayah sesungguhnya. Maka jalani saja wilayahnya dan jangan hidup diatas Opini. 

Pernah ada sebuah kisah yang sangat kita ketahui,yaitu seorang anak kecil dan ayahnya mengendarai unta. Karena untanya udah tua dan kelihatannya lagi kurang kuat maka ayah tersebut naik unta dan anaknya jalan kaki, orang lain melihatnya dan berkata wah itu ayah tidak manusia, anaknya masih kecil jalan dan dia enak naik unta. Dibalik kondisinya anak yang diatas,maka ayahnya jalan malah orang berkata wah ini anak kurang ajar, dia enak naik unta dan ayahnya yang sudah tua harus jalan kaki. Akhirnya, mereka berdua turun dan untanya saja yanh di bopong oleh mereka berdua dan orang lain bilang ini gila. Nah, biarkan saja persepsi orang berjalan yang terpenting adalah kita nya tidak hidup diatas persepsi. Banyaklah hidup diatas Fakta bukan diatas Persepsi dan Opini.

3. Komitmen untuk mencapai Goal. 
menuliskan goal atau target adalah sebuah coretan impian dibenaknya, yang dituangkan dalam bentuk target Goal per bulan, goal per tahun dan goal 5'tahunan.
Pengusaha pada umumnya sudah memiliki Visionernya, dia sudah menemukan bisnis apa yang dia jalankan. Dia menjalani semuanya sebagai sebuah rutinitas, namun menuliskan Business Plan adalah hal yang juga penting. Pengusaha kelas UKM pada umumnya senang bekerja, membuat produk yang dia akan pasarkan namun tidak rutin dalam menuliskan Goal per Tahun dan Goal per bulan. Setelah mampu menuliskan Goal nya, maka evaluasi goal tersebut secara rutin misalnya sebulan sekali atau dua bulan sekali.

4. Memiliki Impian.
Dream adalah hal yang sejak awal melandasinya untuk mengejar impiannya. Kota dubai awalnya adalah sebuah kota miskin, kota yang terbelakang. Lalu kota ini menjelma menjadi kota yang paling mewah sedunia berkat adanya orang-orang berkarakter pemimpin dan berkarakter sukses.  Seorang Ary Ginanjar bisa sukses karena dia punya impian sejak dia berusia 9 tahun untuk menjadi orang besar dan ingin membesarkan Indonesia. Mimpi atau Dream hanya dianggap pepesan kosong buat orang biasa. Tapi buat orang sukses hidupnya diawali dan dilandasi oleh Value ini. Tidak ada satupun orang suksea tanpa adanya Dream. Dream atau Impianlah yang menggerakkan hasratnya untuk bergerak setiap hari nya. Jika padam maka kehidupan akan terasa berjalan tanpa arah.

5. Ambil Tanggung jawabnya.
setiap kali, ketika kita masih kecil, masih SD lah.....
selalu saja tidak ada yang mau ambik tanggung jawab jika ada pekerjaan yang tidak mudah.
kemudian ketika kita menikah....tiba2 adik kita belum selesai sekolahnya....oranh tua kita tidak bisa membiayai lagi .maka......
apakah kita akan melepas tanggung jawab...
atau mau mengambil tanggung jawabnya...
ini sebenarnya ilmu sederhana sekali. 
semakin banyak jam terbang kita untuk ikhlas dan bersungguh2 dalam mengambil tanggunh jawab..
maka kita semakin Cepat Dewasa. .Maka semakin naik level terus karena mau mengambil tanggung jawabnya. 

Point ini berat untuk saya sampaikan..
karena jika kita bertemu dengan 1000 orang karyawan, maka tidak mudah mendapatkan orang yang punya Value seperti ini. Dan kalau ada...pastilah dia akan cepat sukses.

point no 
6. Miliki Jiwa Berkelimpahan.
duh point yang satu ini, saya belum sanggup menjalaninya....masih on Proses. belum juga on the track...he..he...masih belajar.
ini Point paling puncak...menggapainya pun tidak mudah. tapi kita perlu latihan terus menerus.
Jiwa Berkelimpahan adalah berkaitan erat dengan Leadership
dan Tidak Materialistis. .Tidak egois.
ini pembahasannya panjang sekali.
tidak mengambil hak orang lain , walaupun sedikit.
tidak berfikit bahwa dirinyalah yang berhak atar materi dan karunia dan penghargaaan dan sejenisnya.
nah...saya belum bisa terlalu membahas point ini....pembahasan nya panjang dan saya merasa belum bisa membahas sekarang....berat ini materi nya....
boleh saya bahas lain waktu ya....he..he...(ini PR besar buat saya pribadi...belum se advance ini).'

Copas dari grup sebelah.