Jangan Disuruh Sholat Dulu...

Topo, anak muda, tukang pastel, lewat depan masjid sambil bawa dagangannya. Saat itu para jamaah baru beres sholat dzuhur.

Melihat Topo duduk lemas di teras masjid dengan baki pastel teronggok di hadapannya, Imam masjid pun bertanya, "Udeh laku berape po?"

"Baru satu kong, dari pagi sepi dagangan" jawabnya sambil memandangi baki yang masih penuh sama pastel dagangannya.
"Gue beli dah semua pastel elu..." kata Imam masjid, lalu membagikannya kepada para jamaah.

Usai menerima uang, Topo lalu berdiri, sang Imam pun bertanya, "mau kemane luh?"

"Sholat kong..." jawabnya bersemangat sambil menuju tempat wudhu.
Imam masjid pun tersenyum sambil berkata pada para jamaah, "orang kalo lagi punye masalah, bantu dulu sebise kite, abis itu baru kite suruh sholat..." para jamaah pun mengangguk, salah satunya saya.

Ini kejadian puluhan tahun silam, waktu saya masih aktif di remaja masjid di Jati Pulo, Tomang, Jakarta Barat.

Masjid Al Karim, tempat saya belajar banyak hal, bukan hanya ilmu agama, tapi juga bagaimana implementasinya sehari-hari.

Fragmen tukang pastel dan Imam masjid, adalah bagian dari pembelajaran yang kami dapatkan, meskipun saat itu saya nggak paham seutuhnya. Maklum ketinggian ilmu Imam masjid belum mampu terjangkau oleh kedangkalan nalar saya saat itu.

Ada saudara yang kesulitan, jangan hanya didoakan, diceramahin "makanya sholat, biar rejeki lancar" atau "sedekah dong biar jauh dari kesulitan". Itu benar, tapi Imam masjid saat itu mencontohkan berbeda, bantu dulu, ringankan dulu bebannya, baru kasih nasihat, setidaknya itu yang saya pahami.

Coba deh bayangin, Imam masjid nggak serta merta menyuruh orang untuk sholat. Beliau malah beli dulu itu pastel, karena tahu masalahnya. Setelah pastel terjual, hatinya tenang. Nggak perlu disuruh sholat pun, dia langsung sholat. Kalaupun dia nggak beranjak untuk sholat, akan lebih mudah bagi Imam masjid untuk memintanya sholat. Bagaimana ia tidak cinta kepada masjid?

Usai Topo sholat, Imam masjid pun berkata, "gue demen ame pedagang yang rajin sholat. Lain waktu, sholat dulu yeh, insyaAllah rejeki lo bakal lebih lancar..."

Sumber @bayugawtama