Memanfaatkan Momentum Pembelian

MEMANFAATKAN MOMENTUM PEMBELIAN

Salah satu hal yang perlu dikuasai oleh seorang marketer adalah kejeliannya dalam melihat "momentum pembelian"

"Momentum pembelian" adalah alasan membeli/mengkonsumsi sebuah produk berdasarkan alasan waktu atas sebuah peristiwa, kejadian.

Sebagian besar tipe konsumen, mereka  selalu menunggu kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah produk.

Momentum sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Ada momentum yang direncanakan secara personal, seperti hari ulang tahun, hari kelahiran, hari pernikahan, dan lain sebagainya. Ini adalah momentum yang direncanakan secara pribadi, biasanya dipersiapkan dari jauh-jauh hari, tanpa adanya pengaruh dari luar secara besar.

Ada juga momentum yang direncanakan, karena adanya fenomena sosial yang terjadi dimasyarakat. Seperti perayaan hari raya keagamaan, bulan puasa, tahun baru, hari ibu, hari ayah, hari kasih sayang, hari belanja online nasional, hari liburan panjang dan lain sebagainya. Ini adalah momentum yang direncanakan secara personal, namun mendapat pengaruh yang begitu besar dari eksternal. Hal ini karena ada beberapa hari perayaan yang sengaja dibuat untuk diramaikan, dirayakan secara massal, oleh banyak orang.

Selanjutnya ada juga momentum yang terjadi secara insidental. Seperti tren Pokemon Go, tren Om Telolet Om, tren tahu bulet, tren film starwars, tren film AADC dan beraneka ragam tren lainnya yang terjadi secara mendadak tanpa rencana, dikarenakan banyak menjadi pembicaraan disosial media, sehingga menjadi trending topik.

Berdasarkan momentum yang terjadi, jika cermat dan jeli seorang marketer dapat membuat sebuah program marketing yang khusus, sehingga dapat mendorong konsumen mau untuk membeli atau menggunakan produknya.

Hal ini disebabkan secara psikologis ada sekelompok besar tipe konsumen yang tidak mau ketinggalan sebuah tren, atau sekedar ikut-ikutan tren, istilahnya gak mau ketinggal zamban..eh..zaman ;).

Seperti contoh salah satu apps yang saya lampirkan ini. Sipembuatnya begitu jeli dalam memanfaatkan momentum, sehingga dalam waktu singkat, appsnya mendapatkan download hingga 1 juta download..waaaooouuuww !!!. Jika sipembuatnya jeli dalam me-monetasi apps yah, semisal sebagai publisher iklan, dia bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan dari pemasukan iklannya. Appsnya itu bisa jadi "mesin uang" yang bisa menghasilkan uang secara automatis...wiiih enak yah.

Nah sekarang awal tahun 2017, masih terasa suasana liburan, terutama liburan sekolah anak. Berdasarkan data internal Facebook (Jan – Des 2015), selama musim liburan terdapat 92% lebih banyak postingan Facebook yang dibagikan di mobile dan terdapat 47% konversi lebih banyak selama musim liburan pada bulan Oktober hingga Desember dibandingkan bulan Juni – September (sumber SWA. co.id), artinya apa? Kalo pas musim liburan tingkat para konsumen lebih bersemangat untuk berbelanja, dibanding hari biasa. Jadi data ini, menjadi alasan yang kuat untuk membuat perencanaan strategi marketing untuk bisnis kita di tahun 2017 ini..betul kan?? ;)

Selamat Hari Baik

#marketing #sales #marketingstrategy #momentumpembelian #alasanmembeli #digitalmarketing #internetmarketing #facebookmarketing #tipsbisnis

https://goo.gl/laerWr