Becoming the best sales people

Becoming the Best Salespeople
Penulis: Anton Tan
Resumed by: Lynda Ardelia Brilliana

Sales harus yakin bahwa barang dagangannya adalah barang yang paling bagus dan tidak ada bandingannya. Dengan keyakinan tersebut, otomatis cara berbicara, ekspresi, dan semangat serta energi yang ditunjukannya tercermin dalam tindakannya. Jika sudah tidak yakin, otomatis kita tidak akan percaya diri dan tidak bersemangat menawarkan barang dagangan kita. Akibatnya, sudah dipastikan tidak ada pelanggan yang akan mau mendengarkan presentasi kita. Seorang sales harus terlebih dahulu memiliki keyakinan dalam hatinya. Jika yakin bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mulia dan berharga, tindakan kita pasti berbeda, kita akan betul betul menghargai dan melakukannya dengan sepenuh hati.

Pepatah mengatakan, “Cintailah pekerjaan Anda, maka Anda akan merasa seperti tidak bekerja”. Inilah prinsip dasar untuk meraih kesuksesan. Setelah mencintai pekerjaan, berusahalah melakukan yang terbaik dan dedikasikan pengetahuan Anda. Jika Anda seorang sales, berpikirlah bahwa Anda seorang pengusaha. Anda harus bertanggung jawab penuh terhadap omzet usaha tsb.

Apa rahasia terbesar dalam penjualan? Rahasia terbesar dalam penjualan adalah AKTIVITAS. Penjualan hanyalah permainan angka. Semakin banyak orang yang Anda jumpai, semakin besar pula ‘rasio closing’ untuk penjualan Anda. Banyak sales yang menilai bahwa setiap penjualan hanyalah HOKI atau KEBERUNTUNGAN. Hoki/keberuntungan merupakan bagian dari setiap penjualan yang terjadi. Akan tetapi, bagaimana mungkin suatu penjualan bisa terjadi bila tidak dibarengi jumlah kunjungan serta jumlah presentasi yang diberikan terhadap calon pelanggan? Berbicara mengenai keberuntungan, keberuntungan terjadi karena pertemuan antara persiapan dan kesempatan. Kesempatan selalu ada dimanamana, tetapi masalahnya adalah apakah Anda selalu melakukan persiapan untuk menangkap setiap kesempatan yang ada?

Apa yang paling penting bagi seorang sales? Daftar Nama. Susunlah daftar nama untuk memudahkan dan membantu Anda melakukan aktivitas. Simpan dan jagalah baik-baik daftar nama tersebut. Buatlah diri Anda tampil profesional. Jika prospek yakin dengan kredibilitas dan komitmen Anda, mereka akan dengan percaya diri memberikan referensi kepada Anda. Ingatlah hukum menabur dan menuai. Jika ingin mendapatkan ikan besar, Anda pun membutuhkan umpan besar untuk menangkapnya.

Menelpon prospek untuk mendapatkan sebuah janji ketemu kadang menjadi momok yang menakutkan. Sebelum bertemu, prospek hanya akan mendengar suara Anda melalui telepon. Jagalah intonasi suara Anda saat berbicara di telepon. Suara yang yakin dan mantap akan membentuk citra yang baik. Latihlah vokal Anda. Ada yang mengatakan “Latihlah vokal sehingga terdengar, memberi kesan, dan menciptakan image positif mengenai diri Anda sebelum bertemu.”. Buatlah setiap kata yang Anda ucapkan dapat dimengerti dan diterima oleh prospek. Tips yang sangat berguna sebelum Anda menelpon prospek adalah:
1. Tersenyumlah. Senyuman dapat membuat pembicaraan menjadi lancar dan tenang
2. Jaga mood Anda. Mood yang kurang baik pada saat telepon akan membuat suasana menjadi tegang
3. Pastikan pulpen dan kertas ada di dekat Anda
4. Jangan makan sewaktu menelpon

Dapatkan prospek dengan langkah2 berikut:
1. Tanyalah maka Anda akan menutup setiap transaksi dengan lebih cepat
2. Amati dan kenalilah tanda2 pembelian
3. Gunakan trial closing untuk menutup setiap transaksi
4. Keheningan dapat membuat prospek berpikir jernih terhadap sesuatu yang Anda tawarkan
5. Menjawab tidaklah sulit, yang sulit adalah memberikan jawaban yang tepat.