Be x Do Online Marketing

Malam ini saya akan coba share sebuah tulisan yang sangat inspirasi dari mas Tony Steven hambali di online marketing
Selamat malam teman-teman semua, langsung saja ya
Pertama saya ingin memberikan rumus : Be X Do = sukses
Nah, dalam kita mau memulai bisnis, tentu ingin meraih kesuksesan. ini harus direncanakan dari awal, target suksesnya apa? Apakah nilai uang tertentu atau omset atau aset?
Mohon sekarang siapin jawaban ini : sudah berapa lama anda berbisnis? Offline maupun online?
Kemudian mengenai takut berpindah dari bisnis offline ke online
Berdasar rumus tersebut diatas, maka tiap usaha harus ada keyakinan bahwa kita bisa dan layak sukses (faktor BE) dan kegiatan riil (faktor Do)
Perpindahan bisnis offline ke online dapat menimbulkan rasa takut apabila "DO"nya tidak dikenal. Ini seperti : anda tidak bisa komputer, tidak tau internet, tidak tau bikin web, pembayaran online, dll.
Maka jika ini penyebab takutnya, yang harus dilakukan pertama adalah mendapatkan pengetahuan tentang hal tersebut. Bila anda tau, biasanya ketakutannya akan hilang. Bila tidak sempat belajar, bisa hire orang yang pengalaman di bidang online ini.
Itu dari faktor kegiatan riil.
Namun kebanyakan orang, takut karena bayangannya sendiri.
Nah, ini masuk ranah keyakinan dan kepercayaan diri. Ini urusan kami dalam bidang terapi pikiran.
Banyak orang takut karena belum pernah mencoba. Jadi dunia "online" itu merupakan unknown zone bagi sebagian pebisnis lama.
Belum lagi berita-berita yang tidak jelas kebenarannya ditambah bumbu dan fantasi sana sini membuat online terasa semakin menyeramkan.
Mengapa hal ini terjadi? Bisa jadi karena pernah dengar teman tertipu bisnis online atau mengalami sendiri kejadian tidak menyenangkan saat bertransaksi online.
Nah, pengalaman tidak menyenangkan ini akan terus membekas, dan apabila tidak diselesaikan, biasanya emosi ini akan tumbuh semakin besar seiring berjalannya waktu.
Bila sudah cukup besar, walaupun kita mau melawan, rasanya susah. Seperti phobia.
Mengapa susah dinetralisir perasaan-perasaan ini? Karena emosi itu letaknya ada di bawah sadar. Sehingga perlu perlakuan khusus untuk membongkar pikiran bawah sadar dan mereparasinya. 
Sekarang yang penting, apabila anda ada kekuatiran untuk memulai bisnis online, apa yang harus dilakukan?
Ini tips n trik yang bisa kita lakukan.
Pertama : Petakan masalah anda. Apakah ada di faktor BE atau DO?
Komponen "DO" ada 3 : Activity, Skill, Knowledge (biar gampang disingkat ASK)
Jadi anda perlu belajar cara kerja online tersebut, perbanyak data mengenai bisnis online. Tanya ke orang, komunitas, atau belajar lewat buku dan workshop. Kemudian tentu mulai aktifitasnya, berlatih membuat web, atau membuat lapak di marketplace digital, bikin ad copy, dll. Setelah berkali2 berlatih, tentu anda akan mendapatkan skill yang diperlukan.
Berarti problem di faktor DO sudah selesai.
Langkah kedua : Jika pengetahuan sudah OK tapi masih ada perasaan tidak nyaman, nah ini yang harus dicari lagi penyebabnya.
Cara yang bisa saya bagikan disini, paling simpel adalah : tulis surat ke diri sendiri.
Tuliskan : Kepada diriku sendiri, kenapa ya aku ini kok gak pd mau bisnis online. padahal sudah mahir di bisnis offline, rasanya kok ribet, dst, dst, dst.....
Surat itu harus ditulis menggunakan bolpen dan sebaiknya tegak bersambung. Jangan diketik di FB. Proses menulis tangan kami sebut ideomotor response, ini akan langsung dapat menggali permasalahan dari pikiran bawah sadar.
Jangan kaget bila nanti ada memori masa lalu. Kadang bisa nyambung dan masuk akal, kadang bisa juga rasanya aneh dan tidak nyambung dengan bisnis online ini. Mungkin akan timbul peristiwa seperti lihat ortu ditipu orang, atau inget waktu kecil, takut main sama kawan yang lebih jago, atau takut terlihat bodoh, dsb.
Tulis terus selama masih ada pikiran yang muncul, mungkin bisa sehalaman, atau bbrp halaman. Tidak apa, nanti setelah semua dituliskan, baru kita baca suratnya dan dari situ baru akan disadari, ketakutan apa yang selama ini tersimpan di bawah sadar kita.
Seperti orang yang phobia ketinggian, biasanya yang ditakuti bukan ketinggiannya, namun dalam pikirannya sudah ada film yang memainkan berbagai skenario dia jatuh dari ketinggian. Sama dengan phobia ular contohnya, biasanya yang ada dipikiran adalah, dirinya terbelit ular, dipatuk ular, kejang2 kena bisa, atau mati dimakan ularnya.
Nah, bila "film2 horor" tersebut bisa dikeluarkan dari pikiran, maka anda akan merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Ini berlaku baik untuk bisnis maupun untuk kegiatan lain.
Lalu bisa juga dicek, apakah "takut" ini memang benar2 takut atau ada rasa malas, merasa tidak ada gunanya pindah ke online, merasa gengsi belajar hal yang baru lagi, dsb.
Intinya dengan mengetahui penyebab sebenarnya, kita akan lebih mudah menetralisir dan mencari jalan keluarnya. Untuk itu, pertama harus jujur ke diri sendiri, mengapa "takut" pindah ke online.
Kira-kira demikian materi yang bisa saya sampaikan, moderator, monggo dibuka untuk pertanyaannya. Saya minum dulu.... 