INKUBATOR BISNIS

Apa itu Inkubator Bisnis ?

Mungkin anda sering mendengar kalimat ini.

Kata Inkubator banyak dipergunakan untuk menggambarkan alat rumah sakit bersalin untuk merawat bayi yang baru lahir tetapi masih membutuhkan perawatan intensif layaknya ruang rahim didalam perut Ibunya. Biasanya pada alat ini dilakukan pendeteksian, pengenalan gejala sakit, pengobatan, sampai diyakin betul bahwa Bayi tersebut sehat atau normal.

Demikian halnya dengan Inkubator Bisnis merupakan sebuah wadah bagi para pengusaha pemula yang membutuhkan perawatan intensif agar bisnisnya lebih sehat dan lebih kuat dalam menghadapi tantangan tantangan usaha. Namun sebenarnya bukan hanya pengusaha pemula saja yang membutuhkan inkubator bisnis. Pengusaha seniorpun yang merasa bisnisnya sedang sakit sebaiknya ikut dalam Inkubator Bisnis.

Pada Inkubator bisnis pertama-tama yang akan dilakukan adalah menemukan gejala, kelemahan atau kendala dalam bisnis lalu dilakukan penanganan.

Layaknya alat di Rumah bersalin tadi, Inkubator Bisnis tidaklah mudah dan murah untuk dijalankan, namun manfaatnya sangat baik untuk pengusaha. Terdapat banyak kelebihan yang diberikan dalam sebuah inkubator bisnis. Biasanya disingkat 7S,

1. Space
Inkubator Bisnis menyediakan tempat untuk mengembangkan usaha pada tahap awal baik untuk sekretariat maupun kegiatan operasional harian peserta (inwall).

2. Share
Inkubator Bisnis menyediakan fasilitas kantor seperti komputer, printer, internet wifi, telepon, faksimile, yang bisa dipergunakan tenant bersama sama.

3. Services
Inkubator Bisnis juga menyediakan layanan konsultasi manajemen untuk permasalahan pasar, keuangan, produksi, sumberdaya manusia, hukum, dan banyak lagi.

4. Support
inkubator Bisnis membantu menyediakan akses kepada riset, jaringan profesional, teknologi, perdanagan internasional dll.

5. Skill development
Inkubator Bisnis memberikan pelatihan untuk meyusun business plan, kepemimpinan, public speaking dan kemampuan lainnya

6. Seed capital
Inkubator Bisnis memiliki link untuk bantuan permodalan melalui dana hibah pemerintah, angel investor atau melaksanakan bazar proposal atau pameran usaha.

7. Synergy
Inkubator Bisnis membantu tenant untuk membangun jaringan dengan pemerintah, corporate, profesional, lembaga riset, maupun dengan masyarakat internasional.

Semoga bermanfaat.
*sumber Inkubator Bisnis Polban.