CITA RASA KOPI



Dahulu,  minum kopi alias ngopi terkesan tua atau kuno. Namum sekarang, ngopi adalah bagian dari gaya hidup. Tidak heran, kebiasaan nongkrong di kafe-kafe sambil  ngopi terasa lebih keren dan gaul. 

Namun, seorang barista profesional mengkritik fenomena ini. "Karena cuma sekedar latah, para peminum kopi lupa bahwa ia perlu  menikmati value kopi, yaitu cita rasa hakiki kopi," katanya.

Sama halnya dengan ngopi, apakah kita  juga sering lupa akan Value diri, perusahaan, atau bisnis kita? Apakah kita menjalankan usaha cuma berdasarkan ikut-ikutan? Meniru prinsip negara A, meniru value negara B, ikut aturan perusahaan C, dan D, dst? 

Coaching akan membedah cakrawala untuk menemukan nilai-nilai budaya yang akan mempersatukan atau menselaraskan semua nilai yang berbeda di dalam perusahaan. 

Berpartner dengan seorang Coach akan memungkinkan kita melihat refleksi diri kita dengan lebih baik dari berbagai sudut, termasuk dalam berpikir strategis dan menemukan solusi. 

Coaching adalah proses kreatif menemukan  "citarasa sejati". Apakah perlu menambah "gula manis" berupa kenaikan gaji karyawan? Citarasa komunikasi seperti apa yang cocok  kepada bawahan? Jenis "kopi" apa yang dipilih? Kejujuran atau hasil? Coach akan membantu Anda menemukan jawaban "citarasa sejati" Anda.

Sonny Sofjan,
Vanaya Coaching Institute

Brings True Transformation Alive 
www.vanaya.co.id